Review Kursus Bahasa Arab di Jaksel

Di Jakarta ada banyak tempat kursus Bahasa Arab. Kali ini saya mau kasih review dua tempat kursus yang saya ikuti sejak November 2016.

(Soal alasan kenapa saya belajar Bahasa Arab akan diceritakan lain kali di posting berikutnya ya…)

Yang dimaksud Bahasa Arab di sini itu bahasa formal ya, bukan bahasa percakapan/bahasa kasual. Ada perbedaan di antara keduanya. Bahasa formal maksudnya bahasa baku dan memang kenyataannya jarang dipakai orang-orang Arab dalam percakapan sehari-hari. Ini sama dengan kita di Indonesia yang kalau ngobrol sehari-hari juga nggak 100% pakai bahasa Indonesia baku. Orang Barat bilang bahasa baku arab ini sebagai Modern Standard Arabic sementara Orang Arab sendiri menyebutnya Fushah. Bahasa Fushah inilah yang digunakan di Al-Qur’an.

Sebagai gambaran, saya sebelumnya relatif nggak punya dasar Bahasa Arab. Kemampuan membaca huruf arab masih awam, dan kemampuan menulis nol. Kata-kata arab hanya tahu yang umum-umum saja, sementara soal tata-bahasa nggak tahu sama sekali. Jadi ketika mulai ikut dua kursus ini, saya adalah pemula.

Kenapa ikut dua kursus sekaligus?

Bukan karena kemaruk. Rencana awal cuma ingin coba-coba sebelum menentukan enaknya ikut kursus yang mana. Jadi nyoba dua tempat kursus tadinya cuma dalam rangka menentukan pilihan satu saja dan nggak ikut yang lain. Tapi akhirnya saya jadi tetap ikut dua. Alasannya nanti dijelasin di bawah. Sekarang mau bahas dulu dari masing-masing tempat kursus:

1. Indonesia Arabic Center (IAC)

Lokasi: Universitas Al-Azhar, Jl. Sisingamangaraja Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Pertemuan: 2 kali seminggu
Biaya per bulan : Rp 400ribu (update Januari 2017)
Harga buku: Rp 100ribu
Website: http://www.iac.co.id/

Kelas belajarnya ada di Universitas Al-Azhar, daerah Kebayoran Baru (Blok M). Kursus IAC ini punya metode yang dinamai Mustaqili. Mustaqili ini kira-kira bisa diartikan ‘mandiri’. Artinya kurang lebih semacam CBSA gitu lah, Cara Belajar Siswa Aktif. Bukunya memang lebih banyak berisi latihan-latihan ketimbang materi. Jadi muridnya perlu aktif latihan. Waktu di kelas juga lebih banyak diminta praktek nulis dan ngomong.

img_20170107_110055_zpsadaax2g2

Buku yang dipakai.

Belajar di sini itu rileks. Materinya nggak terlalu padat jadi dibawakannya juga bisa pelan-pelan. Suasana kelasnya santai. Kita bisa ngopi, ngeteh, ngemil, sambil ngikutin materi. Materinya juga dari DASAR banget. Dimulai dari perkenalan huruf hijaiyah lagi, satu-satu, dari cara baca sampai cara nulisnya (kayak anak TK ya, begitulah).  Jadi materi kursus di sini cocok untuk yang awam atau yang niat mau mulai belajar dari nol.

img_20170107_110128_zpshnty9b7b

Di bukunya banyak latihan-latihan dasar misalnya latihan menulis huruf hijaiyah seperti ini.

Komentar saya: karena saya mulainya awam banget, maka kursus di IAC ini sangat membantu. Hal paling kerasa itu kemampuan menulis tangan bahasa arab. Saya ikut mulai November, dan di akhir Desember itu sudah lumayan lancar kalau latihan menulis didikte oleh gurunya.

2. BISA Learning Center (BLC)

Lokasi: Jl Cikajang No. 34 Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Pertemuan: 2 kali seminggu
Biaya per bulan: 200ribu (update Januari 2017)
Harga buku: Rp 80ribu
Website: http://www.blc.bisa.id/

Kursus kedua yang saya ikuti ada di Jl. Cikajang, masih di Kebayoran Baru juga. Materi yang diberikan langsung ke tata bahasa arab (Shorof dan Nahwu). Untuk level 1 akan diberikan Pengantar Ilmu Shorof. Kalau lulus akan masuk ke level 2 yang materinya Pengantar Ilmu Nahwu.

img_20170107_110030_zpskyrelkyp

Buku-buku yang dipakai BLC. Murid-murid juga dibebaskan untuk fotokopi sendiri atau mengunduh e-book-nya gratis kalau itu dirasa lebih meringankan.

Untuk yang sama sekali buta bahasa arab, ini emang agak sulit. Apa itu Shorof? Apa itu Nahwu? Intinya, dua hal ini adalah aturan paling pokok dalam tata bahasa arab. Shorof berkaitan dengan aturan pembentukan kata. Nahwu berkaitan dengan aturan pembentukan kalimat.

Kelasnya sudah nggak ngajarin cara baca-tulis huruf arab. Jadi dari awal masuk murid sudah dianggap bisa. Suasananya juga lebih serius dan materinya lebih padat. Satu level itu cuman dua bulan (16 pertemuan). Jadi memang lebih intensif.

Silabus dan buku dari kursus ini boleh diunduh oleh siapa saja di sini.

Komentar: kelas ini cocoknya untuk yang minimal sudah bisa baca tulisan arab (bisa ngaji lah). Materinya bagus walau kita emang harus lebih serius memperhatikan karena padat. Walau gitu, ustadz-nya cukup oke untuk membantu kita mengikuti pelajaran. Ustadz-nya siap ditanya-tanya kalau ada yang kurang jelas, termasuk di luar kelas (Saya suka tanya-tanya tentang materi via WA).

Perbedaan dan perbandingan.

Saya coba menyimpulkan apa perbedaan dan perbandingan antara kursus di IAC dan BLC.

  1. IAC suasananya rileks dan materinya bisa diikuti santai sementara BLC serius dan materinya padat. Tapi ini saya juga agak menggeneralisir ya. Maksudnya ketika saya bilang BLC itu suasananya serius, bukan berarti nggak pernah ada bercandanya. Ya ada juga.
  2.  IAC fokus pada perkenalan bahasa arab dari dasar sekali (baca-tulis), sedangkan BLC langsung fokus pada perkenalan ilmu shorof dan ilmu nahwu. Nantinya sih di IAC Al-Azhar pasti akan sampai pada materi Shorof dan Nahwu juga, cuma saya juga belum itu di level berapa.


Kenapa akhirnya saya ikut dua-duanya?

Karena setelah masuk beberapa pertemuan, saya merasa keduanya bermanfaat dan saling melengkapi. Saya sudah bisa baca huruf arab (mengaji) jadi bisa langsung mengikuti materi shorof dan nahwu di BLC Cikajang. Tapi IAC di Al-Azhar membantu saya latihan. menulis tangan bahasa arab dan menajamkan ilmu-ilmu dasar yang sebelumnya masih belum mantep. IAC yang materinya lebih selow juga membantu saya me-review lagi materi-materi yang pernah saya dapatkan di tempat lain.

Apalagi jadwal kelas di dua tempat kursus ini nggak tabrakan. Saya ikut IAC tiap Selasa-Kamis malam, dan ikut BLC tiap Senin-Rabu malam.

Jadi kalau pengen belajar bahasa arab tapi masih buta hurufnya, lebih baik ikut yang IAC. Kalau memang sudah bisa dan mau cepat belajar tata bahasanya, bisa ikut yang BLC. Ikut dua-duanya juga bisa dan bermanfaat.

 

Iklan

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s